Penyakit Maag – Penyebab, Gejala & Cara Mengobati

Penyakit Maag – Halo sahabat semuanya bagaimana kabar Anda hari ini? Semoga selalu sehat ya.. Kali ini saya akan membahas tentang penyakit maag. Termasuk tentang penyebab, gejala dan juga cara mengobati penyakit maag.

Apa Itu Penyakit Maag

Penyakit maag atau dalam bahasa latinnya dikenal dengan Dispepsia. Merupakan penyakit yang disebabkan karena terjadinya peradangan pada lambung bagian dalam. Nah radang inilah yang kemudian membuat dinding lambung bagian dalam menjadi terkikis, dan terluka.

penyakit maag

Luka itulah yang menyebabkan para penderita maag sering kali merasakan perih atau panas di area leher sampai perut bagian tengah. Oya selain hal tersebut ada juga kondisi yang kurang lebih sama, biasanya luka atau radang terjadi pada bagian pertama usus halus.

Namun berbeda dengan radang yang terjadi pada lambung. Radang atau luka yang terjadi pada usus halus biasanya akan menimbulkan rasa perih, yaitu setelah 2 – 3 jam setelah makan.

Penyebab Penyakit Maag

Penyakit maag biasanya disebabkan oleh dua hal. Yang pertama yaitu disebabkan karena bakteri helicobacter pylori. Bakteri tersebut merupakan bakteri yang dapat menyebabkan iritasi dan juga pengikisan pada dinding bagian dalam lambung atau usus bagian atas seseorang.

Dan yang kedua biasanya disebabkan karena konsumsi obat anti inflamasi non steroid. Seperti Aspirin dalam kurun waktu yang cukup lama.

Gejala Penyakit Maag

Berikut adalah gejala yang seringkali dialami oleh seseorang yang terindikasi menderita maag;

  1. Sering mengalami perut kembung, ya hal ini terjadi karena produksi gas asam yang berlebihan dari lambung.
  2. Sering mual atau muntah.
  3. Mudah merasa lapar.
  4. Sering bersendawa, walaupun tidak semua sendawa adalah tanda dari gejala maag, namun Anda tetap harus waspada, jika Anda terus terusan bersendawa.
  5. Sering merasa sakit pada dada dan perih atau panas pada perut.

Untuk itu jika Anda mengalami gejala gejala seperti yang sudah saya sebutkan di atas, ada baiknya segera konsultasikan dengan dokter terdekat.

Cara Mengobati Penyakit Maag

Oya perlu Anda pahami, untuk mengobati penyakit maag sampai bisa sembuh total. Maka Anda harus mengetahui penyebab pasti dari penyakit maag tersebut. Hal ini penting karena jika kita tidak mengetahu penyebab utama dari maag, terkadang yang namanya radang pada lambuh bisa saja kambuh lagi.

Nah biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk mengkonsumsi obat sejenis penghambat pompa proton (PPP) seperti lanzoprazole. Obat tersebut berfungsi untuk menurunkan kadar asam pada lambung, sehingga radang pada lambung akan segera sembuh.

Oya jika maag tersebut disebabkan karena bakteri helicobacter pylori, Maka selain obat tersebut di atas, juga akan dikombinasikan dengan obat antibiotik. Fungsinya tentu saja untuk membasmi bakteri tersebut. Sehingga radang pada lambung tidak akan kambuh lagi.

Selain obat obatan tersebut, ada juga cara tradisional yang bisa Anda lakukan untuk mengobati penyakit maag. Beberapa diantaranya yaitu dengan mengkonsumsi apel cukak, dan juga putih telur. Selain itu Anda juga bisa menggunakan Garam Aura Manipura untuk membantu memperbaiki kerusakan di area cakra solar pleksus.

Karena biasanya secara energi penyakit maag bisa menyebabkan cakra solar pleksus tidak bekerja dengan normal. Untuk itu Anda bisa menggunakan garam aura manipura untuk membuat cakra solar pleksus kembali bekerja dengan normal.

Baik itulah sedikit pembahasan tentang maag, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk Anda semua. Oya jika masih ada pertanyaan tentang maag, entah itu berkaitan dengan penyebab, gejala atau pun cara mengobatinya. Anda bisa langsung konsultasikan saja kepada saya melalui telepon/ SMS/ WA di: 0816607401 atau PIN BB: CSRATU77.